Berita

253 Anak di Kota Malang Terpapar Covid-19

Rabu, 23 Juni 2021 - 13:17
253 Anak di Kota Malang Terpapar Covid-19 Kasus penularan Covid-19 kepada anak-anak semakin tinggi. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES BATU, MALANG – Kasus positif Covid-19 tidak hanya menjangkit ke orang dewasa saja. Akan tetapi, anak-anak dalam kategori umur 0 hingga 10 tahun juga bisa terpapar Covid-19.

Di Kota Malang, Sebanyak 253 anak ternyata telah terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah tersebut pun terhitung sejak awal pandemi di Kota Malang, yakni Maret 2020 hingga 21 Juni 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, jumlah tersebut pun terbagi dari dua kategori usia. Kategori balita, yakni mulai umur 0 hingga 5 tahun dan juga kategori anak umur 6 hingga 10 tahun.

"Untuk umur 0 sampai 5 tahun, sejak awal pandemi sampai 21 Juni 2021 yang terkonfirmasi itu ada 136 anak. Lalu untuk umur 6 sampai 10 tahun ada 117 anak," ujar Husnul saat ditemui awak media usai melakukan koordinasi penanganan Covid-19 di Mini Block Office, Selasa (22/6/2021) sore kemarin.

Namun Husnul mengatakan, belum mengetahui terkait data angka kesembuhan anak-anak yang terjangkit Covid-19 dan juga kematian anak-anak yang diakibatkan Covid-19.

Husnul mengungkapkan, banyak kemungkinan anak-anak terjangkit Covid-19 tersebut, dikarenakan banyak melakukan aktivitas di luar rumah. 

Sekolah yang hingga saat ini belum dilaksanakan secara tatap muka, belum menjamin anak-anak tidak melakukan aktivias di luar rumah.

"Sekolah memang belum tatap muka. Tapi kan anak-anak masih mempunyai mobilisasi main di luar rumah. Bisa jadi seperti itu," katanya.

Menurut Husnul, mobilisasi anak-anak di luar rumah tersebut, bisa jadi diajak oleh orang tuanya. Apalagi terkadang juga orang tua membawa anaknya saat melakukan aktivitas di luar, seperti halnya saat ke pasar.

"Mungkin diajak sama orang tuanya ke pasar. Diajak orang tuanya ke pusat keramaian. Jadi faktor-faktor seperti itu yang biasanya ada (penularan) pada anak tersebut," tandasnya terkait kasus anak terpapar Covid-19 di Kota Malang. 

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.