Berita

PMI Kabupaten Malang Bangun Huntara Bagi Korban Gempa Malang di Tirtoyudo

Jumat, 16 April 2021 - 15:19
PMI Kabupaten Malang Bangun Huntara Bagi Korban Gempa Malang di Tirtoyudo Warga dibantu Relawan, TNI, Polri, PMI dan BPBD saat bergotong royong membangun Huntara. (Foto: Mukhlis for TIMES Indonesia).

TIMES BATU, MALANG – Hunian Sementara atau Huntara bagi korban Gempa Malang dibangun PMI Kabupaten Malang di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Huntara dibangun secara gotong royong oleh masyarakat, dibantu dengan TNI, Polri, PMI, BPBD dan relawan. Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Malang, Amirul Yasin menjelaskan terkait pembangunan Huntara tersebut.

Korban gempa Malang 2Korban gempa Malang di Tirtoyudo, saat berada di dalam Huntara. (Foto: Mukhlis for TIMES Indonesia)

"Satu unit Huntara telah dibangun oleh Sibat PMI Kabupaten Malang yang ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo. Sesuai namanya ini untuk hunian sementara," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (16/4/2021) siang.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk sementara ini Huntara dibangun satu unit terlebih dahulu. Setidaknya ada empat unit rumah mengalami kerusakan berat dan tidak bisa diperbaiki.

"Besok kami lanjutkan pembangunan yang kedua. Pembangunan Huntara diprioritaskan bagi rumah rusak berat dan tidak bisa ditempati lagi. Disesuaikan data yang masuk," urainya.

Menurutnya, Huntara ini bersifat semi permanen yang dibangun di rumah bekas reruntuhan. "Yang terpenting aman dan nyaman untuk dihuni. Tidak kepanasan maupun kedinginan," sebutnya.

Korban gempa Malang 3Kondis Huntara di Tirtoyudo yang sudah selesai dibangun. (Foto: Mukhlis for TIMES Indonesia)

Yasin menyebutkan, untuk beberapa daerah yang terdampak Gempa Malang, baru Desa Purwodadi sudah bisa terkendali. Artinya, pemulihan bisa dilakukan secara cepat.

"Untuk Desa Purwodadi berangsur-angsur pulih. Tinggal mengirimkan bantuan pokok digunakan kebutuhan sehari-hari bagi Korban," ungkapnya.

Dia menegaskan, PMI Kabupaten Malang akan terus melakukan pendataan korban Gempa Malang, khususnya bagi yang rumahnya mengalami kerusakan sangat berat. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.