https://batu.times.co.id/
Berita

Diminati Perusahaan, Job Matching SMKN 1 Turen Beri Ratusan Peluang Rekrutmen Kerja

Selasa, 07 Mei 2024 - 20:51
Diminati Perusahaan, Job Matching SMKN 1 Turen Beri Ratusan Peluang Rekrutmen Kerja Foto bersama saat pembukaan Job Matching 2024 SMKN 1 Turen oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang, di hanggar SMKN 1 Turen, Kabupaten Malang. (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES BATU, MALANG – Ratusan peluang bekerja didapatkan pelajar SMKN 1 Turen Kabupaten Malang melalui Job Matching 2024, yang diselenggarakan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 1 Turen. 

"Ada setidaknya 17 perusahaan yang berperan serta dalam kegiatan Job Matching 2024 di SMKN 1 Turen. Pada kesempatan ini, mereka menawarkan ratusan peluang kerja bagi siswa-siswi kami," terang Ketua BKK SMKN 1 Turen Auliya, SPd, Selasa (7/5/2024). 

Kegiatan Job Matching SMKN 1 Turen sendiri, digelar pada Senin (6/5/2024), dengan tema 'Raih Peluang dan Gapai Kesuksesanmu.' 

Job Matching 2024 ini, kata Auliya, memang mempertemukan langsung perusahaan atau Dunia Usaha dan Industri (DUDI), dengan para alumni atau calon lulusan, khusus SMKN 1 Turen. 

"Perusahaan banyak meminati lulusan kami, dan memberi peluang kesempatan kerja berbagai bidang. Kebutuhan calon pekerja tiap perusahaan berbeda-beda, satu perusahaan ada yang sampai membuka 50 lowongan di berbagai posisi pekerjaan," terangnya. 

Beberapa perusahaan yang berniat merekrut banyak calon pekerja lulusan SMKN 1 Turen, di antaranya Samara Hotel & Resort, PT Ungaran Sari Garment, PT Tiga Arya Inggil, MyKopi'o, dan beberapa lainnya. 

Saat kegiatan job matching ini, perusahaan-perusahaan tersebut sekaligus menggelar seleksi administrasi dan interview. Dan, untuk hasil seleksi dan tindak lanjutnya, tergantung dari perusahaan masing-masing. 

Auliya menyebutkan, berbagai program mengantarkan siswa-siswi mendapatkan peluang kerja telah diupayakan. Selain kompetensi keahlian yang diajarkan di masing-masing keahlian, pihaknya juga rutin mendatangkan guru tamu praktisi perusahaan, disesuaikan kompetensi keahlian yang ada.

"Mentoring dari guru tamu ini agar menambah motivasi dan menjadi contoh profesional kerja bagi semua peserta didik," ungkapnya. 

SMKN 1 Turen, lanjutnya, selama ini sudah menyelenggarakan Kelas Industri, bekerja sama dengan beberapa mitra perusahaan. Sehingga, siswa-siswi dibekali langsung keahlian sesuai kompetensi yang dibutuhkan. 

Auliya mencontohkan, seperti kompetensi kuliner membuka kelas industri MyKopi'o, kompetensi kelas bisnis digital di kelas industri Alfamart, serta MoU kelas industri dengan perusahaan lainnya. 

Kelas industri lainnya, untuk teknik komputer dan jaringan bekerja sama dengan Aptech, kelas perhotelan bekerja sama dengan Hotel Ijen Suites Resort and Convention, Hotel Aria Gajayana Malang, dan Hotel Grand Mercure Mirama Malang. 

"Untuk pembekalan tambahan siswa, juga dilakukan dengan mendatangkan pakar atau praktisi kewirausahaan. Pembekalan karakter siap kerja dilakukan setiap hari, contohnya membentuk kedisiplinan siswa," pungkasnya. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.