Berita

Cegah Kenaikan Harga Komoditas Jelang Lebaran 2021, Ini Langkah BI Malang

Jumat, 16 April 2021 - 16:42
Cegah Kenaikan Harga Komoditas Jelang Lebaran 2021, Ini Langkah BI Malang Analisis BI Malang, Yon Widiyono saat berada di gelaran Forum Jurnalis Malang (FJM), Kamis (15/4/2021) malan. (FOTO: Rubianto for TIMES Indonesia)

TIMES BATU, MALANG – Harga komoditas kebutuhan pokok pada bulan suci Ramadan hingga menjelang lebaran biasanya mengalami kenaikan. Untuk itu, Bank Indonesia atau BI Malang menyiapkan langkah mencegah kenaikan harga itu, khususnya di Kota Malang.

Di gelaran Forum Jurnalis Malang, Kamis (15/4/2021) kemarin, BI Malang membeberkan beberapa langkahnya guna mencegah maupun menstabilkan harga komoditas kebutuhan pokok jelang lebaran tahun 2021 ini.

Analis BI Malang, Yon Widiyono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah khusus guna mengantisipasi lonjakan harga tersebut.

Pertama, dikatakan Yon, pihaknya bersama tim pengendalian inflasi daerah di Kabupaten/Kota telah mengadakan rapat koordinasi untuk memonitor ada atau tidaknya kenaikan harga komoditas pangan di sejumlah pasar.

"Kami temukan beberapa bahan pangan harganya naik. Ada juga beberapa komoditas harganya turun. Tapi secara keseluruhan, ketika kami total, hingga saat ini masih terbilang relatif stabil," ujar Yon saat memaparkan di kegiatan FJM, Kamis (15/4/2021) kemarin.

Dengan kestabilan tersebut, BI pun bersyukur. Akan tetapi, pihaknya pun tak bisa memandang remeh dan tetap waspada dengan kondisi kedepan.

Kemudian, langkah berikutkan, kata Yon, pihak BI sendiri juga akan mengadakan pasar murah disejumlah pasar modern dan tradisional untuk menstabilkan harga komoditas pangan.

"Tentu dengan adanya pasar murah itu nanti akan meringankan beban masyarakat menyambut idul fitri nanti. Pastinya ini menjadi dampak positif untuk masyarakat juga," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga masih memiliki beberapa langkah lagi untuk meminimalisir kemungkinan yang terjadi beberapa hari maupun beberapa minggu kedepan.

Dijelaskan Yon, pihak BI sendiri nantinya juga akan melakuka sidak pasar hingga membuat sebuah trobosan kemudahan pembayaran konsumen kepada para penjual. 

Hal itu ditujukan untuk mengetahui keakuratan pantauan harga dari BI dengan menggunakan sistem aplikasi dan juga untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 dengan menggunakan cara praktis. Jadi nanti akan dicek ke pasar dengan koordinasi bersama Bulog.

"Apalagi juga di tengah pandemi Covid-19 ini kita juga harus meminimalisir klaster baru. Dengan itu kita akan dorong konsumen dan penjual untuk bisa menerapkan pembayaran melalui QRIS yang telah kita inisiasi," pungkas Analis BI Malang tersebut. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.