Berita

Klaster Covid-19 Bermunculan, Wali Kota Malang: PPKM Mikro Perlu Dikuatkan Kembali

Rabu, 23 Juni 2021 - 17:31
Klaster Covid-19 Bermunculan, Wali Kota Malang: PPKM Mikro Perlu Dikuatkan Kembali Wali Kota Malang, Sutiaji saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES BATU, MALANGWali Kota Malang Sutiaji mengatakan, PPKM mikro perlu dikuatkan kembali, meski penambahan kasus Covid-19 di Kota Malang masih fluktuatif.

"Pertama, penguatan pemahaman masyarakat bahwa Covid-19 belum berlalu. Kedua informasi kepada masyarakat bahwa ada varian baru yang lebih ganas," ujar Sutiaji, Rabu (23/6/2021).

Selain memberikan pemahaman kepada masyarakat, kata Sutiaji, dirinya juga akan mempertimbangkan stimulus untuk setiap RT/RW, seperti yang telah dilakukan pada saat awal PPKM mikro, yakni memberikan dana penanganan Covid-19 di setiap RT/RW sebesar Rp 500 ribu.

"Nanti kan ada penguatan efektifitasnya. Efektif atau tidak itu, ternyata dari informasi dari setiap lurah, memang efektif. Jadi nanti insyallah akan kami pertimbangkan berkaitan stimulan untuk RT/RW," ungkapnya.

Selanjutnya, Sutiaji meminta kepada setiap kelurahan di Kota Malang untuk menyetorkan data warganya yang telah tervaksin dan yang belum tervaksin.

Hal tersebut dilakukan untuk melakukan percepatan vaksinasi di Kota Malang, seperti yang telah ditargetkannya, yaitu 180 ribu warga tervaksin hingga akhir Juli 2021.

"Saya minta data perkelurahan, yang sudah divaksin berapa. Kedepan semakin akan kita kuatkan untuk percepatan vaksinasinya di masyarakat," katanya.

Dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Kota Malang yang semakin mengkhawatirkan, Sutiaji meminta untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa pengendalian di setiap wilayah hingga yang paling dasar itu sangatlah penting.

Kemudian kesadaran masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan (prokes) menjadi hal yang utama untuk menekan angka kasus Covid-19.

"Yang terpenting kita jangan berlebihan dan tetap waspada bahwa Covid-19 masih ada. Kita harus menjaga jarak, memakai masker dan membiasakan cuci tangan," ucap Wali Kota Malang Sutiaji. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.