https://batu.times.co.id/
Berita

IKA UB Bakal Terbitkan Buku Sastra Karya Para Alumni

Kamis, 18 April 2024 - 14:30
IKA UB Bakal Terbitkan Buku Sastra Karya Para Alumni Cover buku Ode Kasih Arunika karya para alumni UB yang tergabung dalam Brawijaya Writer Club. (Istimewa)

TIMES BATU, MALANG –  

Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) bakal menerbitkan karya sastra apik yang bisa dinikmati masyarakat.  Karya tersebut berbentuk buku yang diberi judul Ode Kasih Arunika.

Buku tersebut merupakan kumpulan cerpen berdasar kisah nyata berbasis kearifan lokal Nuswantara, yang digarap oleh Elang Brawijaya, persembahan dari para alumni yang tergabung dalam  Brawijaya Writer Club bentukan kompartemen kebudayaan Ika UB.

Penulis novel dan naskah film, yang juga jadi mentor pembuatan buku Ode Kasih Arunika, Kirana Kejora dalam pesan tertulis menjelaskan bahwa buku ini merupakan  antologi cerpen filmis berbasis kearifan lokal nuswantara. Setiap alumni memberikan karya cerpen terbaik mereka yang Inspiratif, kemudian digabungkan menjadi sebuah buku.

"Kover buku kami konsep sedemikian rupa agar tak hanya sekadar bungkus tulisan. Writerpreneur adalah jabatan sederhana kami, buat semangat diri, bahwa menulis adalah obat jiwa raga. Bisa hidupi jika lahir dari kedalaman hati nurani," ucapnya.

Ode bisa diartikan sebagai syair lirik pujian. Dengan itu dia berharap diksi yang ada di buku ini menyenangkan, membahagiakan hingga ada pujian -meski bagi penulis pujian hanyalah bonus. "Kita harap buku ini jadi cahaya, matahari bagi penulis dan penikmatnya," imbuhnya.

Kata Arunika yang ada dalam judul buku bermakna jingga, cahaya kuning keemasan saat fajar datang. Judul buku dibuat berwarna putih yang berarti buku ini misinya suci, mencerahkan dengan cerita yang tertulis dari kedalaman jiwa penulisnya.

Selain itu didalamnya juga ada Ijo lumut yang berarti adem, sejuk, mendamaikan. "Bunga lotus identik teratai, bunga suci. Simbol ilmu pengetahuan, kebijakan, kesejatian, elok nian dalam kondisi apa pun -kolam berlumpur- tetap berupaya tampil manis dan bermanfaat. Ada semangat abadi," kata alumni UB tersebut. 

"Buku ini akan di launching pada 4 Mei mendatang. Selamat menanti buku kami," pungkas Kirana. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.