https://batu.times.co.id/
Pendidikan

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 4 Julukan UIN Malang

Jumat, 12 April 2024 - 12:59
Banyak Yang Belum Tahu, Ini 4 Julukan UIN Malang UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Dok. TIMES Indonesia)

TIMES BATU, MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim atau lebih dikenal dengan nama UIN Malang adalah salah satu perguruan tinggi negeri berbasis agama Islam yang ada di Malang, Jawa Timur.

Salah satu PTKIN ternama di Indonesia ini mempunyai beberapa julukan yang belum banyak orang mengetahuinya. Berikut 4 julukan UIN Malang.

1. Kampus Ulul Albab

UIN Malang memiliki julukan Kampus Ulul Albab dengan 4 pilar utama universitas. Di antaranya, keluhuran akhlak, kedalaman spritual, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.

Jadi, mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan. Tetapi juga mendapatkan ilmu agama.

Dalam setiap kesempatan, mahasiswa selalu diingatkan dengan slogan "Ulul Albab" agar mereka setelah lulus dari universitas ini menjadi sosok Ulul Albab.

Quraish Shihab menyatakan bahwa, ditinjau dari etimologis, kata albab adalah bentuk plural (jamak) dari kata lubb, yang artinya saripati sesuatu. Misalnya kacang, memiliki kulit ya,g menutupi isinya. Isi kacang disebut lubb.

Berdasarkan definisi pengertian etimologi ini, dapat kita ambil pengertian terminologi bahwa ulul albab adalah orang yang memiliki akal yang murni, yang tidak diselubungi kulit.

Ulul albab ialah golongan yang menggunakan akal dengan sempurna bagi mengkaji  sehingga mampu meletakkan segala perkara pada perspekitf yang betul. Mereka mementingkan zikir dan fikir.

Dalam konteks ini mereka suka mengkaji fenomena-fenomena yang berkaitan dengan kejadian alam, mereka mengingati Allah sambil berdiri ataupun baring.

2. Al-Azharnya Indonesia

Pada tahun 2019, Menteri Agama Jenderal (TNI) Fachrul Razi mengatakan bahwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan Al-Azharnya Indonesia.

Hal itu sebab bangunan kampus UIN Malang yang megah. Serta pesatnya kemajuan UIN Malang dalam pencapaiannya.

3. Bilingual University

UIN Malang disebut sebagai bilingual university sebab seluruh anggota civitas akademika diharuskan untuk menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Melalui Bahasa Arab, diharapkan mereka mampu melakukan kajian Islam melalui sumber aslinya, yaitu Al-Qur'an dan hadits.

Sementara melalui Bahasa Inggris, mereka diharapkan mampu mengkaji ilmu-ilmu umum dan modern, selain sebagai piranti komunikasi global.

Oleh karena itu pula, UIN Malang ini disebut bilingual university.

4. Kampus Hijau

UIN Malang dikenal juga sebagai Kampus Hijau. Hal itu karena bangunannya yang terlihat mencolok megah dan dominan berwarna hijau.

Selain itu, di lingkungan UIN Malang ini terdapat banyak pohon besar dan tanaman-tanaman. Hal tersebut menyebabkan udaranya menjadi segar dan sejuk walaupun sedang dalam cuaca yang panas sekalipun.

Secara kasat mata, jika dilihat, UIN Malang totalitas berwarna hijau. UIN Malang juga terus berupaya dalam melestarikan lingkungan dan menuju kampus hijau.

Hal itu terbukti dengan dilakukannya kegiatan di hutan kampus atau Kehati yang berada di kawasan kampus 3 UIN Malang Kota Batu. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.