https://batu.times.co.id/
Pendidikan

Keren, Mahasiswa UIN Maliki Malang Raih Juara 1 MQK Putri IPPBMM 2021

Rabu, 23 Juni 2021 - 14:57
Keren, Mahasiswa UIN Maliki Malang Raih Juara 1 MQK Putri IPPBMM 2021 Ni'ma Rofidah, Mahasiswa UIN Maliki Malang yang meraih juara 1 MQK Putri IPPBMM 2021 saat ditemui di kampus. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMES BATU, MALANG – Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab Fakultas Humaniora, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Ni'ma Rofidah sukses meraih juara 1 Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK) Putri di ajang Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) tahun 2021.

Ajang tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI dan ikuti oleh PTKIN se-Indonesia, terdapat 18 PTKIN yang ikut serta meraimaikan event tersebut.

Event IPPBMM digelar setiap dua tahun sekali, namun pada tahun 2021 ini mengalami keterlambatan karena adanya pandemi di mana harusnya ajang tersebut diselenggarakan pada tahun 2020 kemarin.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Pada kategori lomba saya ini putra dan putri dibedakan jadi tidak semua PTKIN mengirimkan putra putri tetapi ada yang hanya putra saja atau putri saja, sehingga untuk kategori MQK putri ini diikuti sejumlah 12 peserta," ujar Ni'ma Rofidah kepada TIMES Indonesia, Rabu (23/6/2021).

Ni'ma Rofidah menjelaskan, kitab yang ia baca saat lomba yaitu Kitab Tafsir Jalalain. Adapun yang menjadi penilaian dalam lomba MQK yaitu kelancaran dalam membaca, ketepatan kaidah nahwu dan shorof, cara menerjemahkan, dan ketepatan dalam menjawab pertanyaan dari juri.

IPPBMM 2021 b

Lomba tersebut dilangsungkan pada Rabu (23/6/2021) dan diumumkan pada hari itu juga secara daring melalui zoom meeting. 

"Terdapat tiga juri yang mengajukan pertanyaan, dan dari tiga itu tiap juri mengajukan dua sampai tiga pertanyaan. Alhamdulillah saya bisa menjawab semua pertanyaan dari semua juri," sambungnya.

Ni'ma Rofidah menuturkan, sebelum ia mewakili kampus dalam lomba MQK Putri, ia harus mengikuti penyaringan perwakilan kampus, di mana dalam penyaringan tersebut diikuti 7 peserta.

Pada ajang tersebut diambil 3 pemenang untuk mendapatkan medali emas, perak dan perunggu. Ni'ma mengaku bersyukur, akhirnya ia berhasil mendapat medali emas di mana sebelumnya pada semester dua ia mendapatkan medali perak.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Harapan saya ke depan, karena saya sudah tidak mungkin mengikuti lomba lagi karena sudah semester 8, saya ingin mendedikasikan diri untuk membantu adik-adik tingkat saya agar jejak saya tidak hanya sampai di sini, tapi masih bisa dilanjutkan dan mengaharumkan selalu UIN Maliki Malang," pungkas Ni'ma Rofidah, juara 1 MQK Putri IPPBMM 2021. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.