Pendidikan

Selamatkan Generasi Internet, FISIP UB Lakukan Literasi Digital kepada Siswa SMA di Kota Malang

Selasa, 25 Agustus 2020 - 07:34
Selamatkan Generasi Internet, FISIP UB Lakukan Literasi Digital kepada Siswa SMA di Kota Malang Kegiatan pengmas FISIP UB yang dilakukan secara daring kepada siswa SMA di kota Malang. (FOTO: dok FISIP UB for TIMES Indonesia)

TIMES BATU, MALANGFISIP UB terus menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Terbaru Tim Pengabdian Masyarakat yang di ketuai Dr. Ali Maksum, M.Ag., M.Si. dan beranggotakan Ruth Agnesia Sembiring, S.Sos., M.A., melakukan pengabdian tentang literasi digital di SMA Muhammadiyah 01 Malang, Senin (24/8/2020).

Dalam paparannya, Maksum menjelaskan di Indonesia, berdasarkan hasil survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Polling Indonesia tahun 2018, menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 171 juta orang.

“Persebaran pengguna internet yang paling banyak adalah di Pulau Jawa yaitu 55 %. Pengguna internet Indonesia paling banyak berusia 15-19 tahun, diikuti dengan usia 20-24 tahun,” ungkapnya pada kegiatan pengmas yang dilakukan secara daring itu.

Lebih lanjut, dosen Ilmu Pemerintahan dan juga Ketua Program Studi Doktor Sosiologi FISIP  ini menjelaskan internet ibarat pisau bermata dua, penggunaannya bisa positif dan bisa negatif.

“Tergantung subjek yang menggunakannya. Internet bisa positif apabila digunakan sebagai sumber belajar dan sumber informasi. Sebaliknya internet bisa negatif kalau digunakan untuk penyebaran hoaks, kriminalitas, ujaran kebencian dan plagiasi,” sambung Ali Maksum.

Sementara Ruth Agnesia menyatakan permasalahan yang dihadapai oleh generasi internet, yakni rentannya generasi ini terhadap konten porno, rentan terdorong untuk ikut menyebarkan ujaran kebencian, rentan terlibat dalam cyber crime, rentan melakukan plagiarism.

“Bahkan juga rentan terpapar paham terorisme dan radikalisme, maraknya cyber bullying di kalangan generasi internet; dan rentan terlibat dalam penyebaran berita bohong,”

Menurutnya, solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya cyber crime dan tindakan negatif lainnya adalah dengan meningkatkan kesadaran diri, berpikir kritis, tidak meneruskan informasi yang belum jelas, menaati etika dan sopan santun bermedia, serta jangan merespon dan membalas aksi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAM 01 Malang, Dra. Umi Mafruhah mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan tim pengabdian dari FISIP UB sangat bermanfaat  untuk pendewasaan anak-anak dalam menggunakan internet. Baik untuk kepentingan belajar maupun untuk kepentingan mencari informasi lainnya.

“Sehingga anak-anak bisa menggunakannya secara positif dan terhindar dari penggunaan internet secara negative,” tandasnya.

Sosialisasi oleh FISIP UB tentang literasi digital berjalan secara interaktif meski dilakukan secara daring. Beberapa siswa bertanya serius tentang materi yang disampaikan oleh para narasumber. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.