https://batu.times.co.id/
Berita

Bosda Kota Batu Naik Rp900 Juta Bagi SD dan SMP

Rabu, 27 Maret 2024 - 23:18
Bosda Kota Batu Naik Rp900 Juta Bagi SD dan SMP Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, M Chori saat menyapa para siswa SD dan SMP Satu Atap Gunungsari. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES BATU, BATU – Kabar baik berhembus di dunia pendidikan Kota Batu. Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) naik Rp900 juta dibandingkan tahun sebelumnya.

Jika tahun 2023, Bosda yang diterima sebesar Rp 12, 1 miliar, tahun 2024 ini menjadi Rp 13 miliar atau naik menjadi Rp 900 juta.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, M Chori menyatakan, kenaikan anggaran BOSDA Kota Batu ini dikarenakan ada tambahan anggaran untuk SD dan SMP sebesar Rp 5000 perorang.

Kepala-Dinas-Pendidikan-Kota-Batu-M-Chori-b.jpg

"Ada tambahan anggaran untuk peserta didik SD dan SMP Negeri sebesar Rp 5 ribu per siswa," kata Chori. Artinya siswa SD Negeri akan mendapatkan anggaran persiswa Rp30 ribu per bulan sedangkan untuk peserta didik SMP Negeri sebesar Rp 40 ribu per bulan. 

Sementara peserta didik di SD Swasta tetap akan mendapatkan Rp25 ribu per bulan dan peserta didik SMP Swasta akan mendapatkan Rp 35 ribu per bulan. 

Menurutnya kenaikan anggaran BOSDA di SD dan SMP Negeri dikarenakan sekolah negeri tidak diperbolehkan menarik anggaran dari peserta didik. 

Kepala-Dinas-Pendidikan-Kota-Batu-M-Chori-c.jpg

Sementara sekolah swasta  masih diperbolehkan menarik anggaran kepada siswa. 

BOSDA Kota Batu diperuntukkan untuk 39.103 peserta didik yang ada di Kota Batu. Dengan rincian di tingkat PKBM sebanyak 661 siswa, PAUD dan TK sebanyak 8.383 siswa, SD sebanyak 10.751 siswa dan SMP sebanyak 19.308 siswa.(*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Batu just now

Welcome to TIMES Batu

TIMES Batu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.